9 Cara Tepat Merawat Sponge Agar Tidak Mudah Berjamur

Hello girls! Selamat datang.

Jadi di artikel ini aku mau memberikan beberapa tips mengenai cara merawat sponge supaya tidak mudah ditumbuhi jamur. Sekedar info tips-tips yang akan aku bagikan dikutip dari beberapa sumber, dan sudah ada beberapa yang sudah aku terapkan. Semoga informasi yang disampaikan dalam artikel ini dapat menambah informasi bagi kalian yang ingin merawat sponge supaya tetap awet pemakaiannya.

Selain brush, sponge atau beauty blender juga menjadi aplikator andalan untuk mengaplikasikan makeup terutama makeup bertekstur cair. Seiring dengan perkembangan, sekarang bentuk sponge tidak hanya berbentuk telur saja namun sudah diproduksi dalam berbagai macam bentuk mulai dari splendid sponge dan guci sponge.

Sama seperti brush, kebersihan dan perawatan beauty blender atau sponge juga harus diperhatikan. Hal ini tentu untuk mencegah sponge atau beauty blender yang kamu miliki ditumbuhi oleh jamur. Ada beberapa hal yang harus dilakukan agar sponge kamu awet, berikut ulasannya!
1. Membasahi Makeup Sponge
Biasanya kamu akan dianjurkan untuk membasahi makeup sponge sebelum digunakan selain agar tampilan makeup yang dihasilkan lebih flawless juga untuk mencegah produk makeup yang banyak masuk ke dalam sponge. Saat sponge dalam keadaan lembab, sponge tidak akan menyerap banyak produk yang berisiko menumpuk di dalam material sponge.    

2. Hindari Tempat Tertutup Saat Sponge Basah
Setelah dicuci ataupun sesaat setelah digunakan, menyimpan sponge dalam keadaan lembab dan dalam wadah tertutup rapat justru akan membuatnya berjamur. Tunggu sponge hingga benar-benar kering sebelum sponge disimpan dalam wadah yang tertutup.

3. Jangan Menggosok Sponge Terlalu Keras
Hindari menggosok dan mengucek sponge karena dapat membuat sponge berubah bentuk atau bahkan robek, cukup berikan sedikit squeeze alias tekan dengan lembut.

4. Perhatikan Wadah Penyimpanan
Jangan menyimpan sponge di wadah kedap udara karena oksigen dan cahaya tidak bisa masuk. Jika sudah benar-benar kering usahakan simpanlah sponge di wadah yang memiliki lubang, agar sponge tersebut mendapatkan cahaya dan oksigen.

5. Langsung Dicuci
Seketika cucilah sponge hingga benar-benar besrsih setelah digunakan, selain dapat mempertahankan warna sponge juga dapat menghindari tumbuhnya sponge di permukaan sponge yang kotor dan lembab.

Sebab sisa makeup, debu dan berbagai kotoran lainnya yang menumpuk dalam sponge akan membuat sponge menjadi cepat rusak dan dapat menimbulkan masalah kulit.

6. Hindari Gunakan Sponge Kering
Jangan suka menggunakan sponge kering karena dengan memakai sponge dalam keadaan kering ternyata dapat membuat produk makeup (terutama liquid) akan lebih banyak terserap ke dalam sponge.

7. Manfaatkan Shampoo Bayi
Untuk membersihkan alat makeup, sebetulnya ada sabun khusus yang bisa digunakan. Namun jika kamu tidak memiliki budget lebih untuk membeli sabun khusus ini (karena rata-rata harga sabun khusus pembersih alat makeup mahal), kalian bisa menggunakan shampoo bayi untuk membersihkan alat makeup.

Tekstur shampoo bayi yang lembut dapat membersihkan pori-pori sponge yang halus sehingga tidak merubah tekstur maupun warnanya.

8. Manfaatkan Olive Oil
Dalam membersihkan sponge, penggunaan olive oil ditujukan untuk meluruhkan makeup waterproof yang kurang bisa dibersihkan dengan sabun.

Caranya tinggal gosokkan saja olive oil ke bagian permukaan sponge yang kotor atau bisa juga dengan merendam sponge dengan olive oil.

9. Hindari Penggunaan Bahan Kimia dan Temperatur Ekstrim
Jangan gunakan alcohol untuk mensterilkan sponge ataupun dengan merebusnya. Kedua Teknik ini bukannya mensterilkan sponge malah akan merusak tekstur dan bentuknya.

Itu dia kesembilan cara yang bisa dilakukan untuk menghindari sponge berjamur. Jangan lupa untuk memberikan kritik dan saran kalian. Silahkan share juga artikel ini ke seluruh social media yang kalian punya agar artikel ini dapat berguna untuk orang lain. Tunggu update artikel selanjutnya!


Keep connect with me!

Instagram : almasmakeup14
Youtube : Alma's Makeup


Belum ada Komentar untuk "9 Cara Tepat Merawat Sponge Agar Tidak Mudah Berjamur"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel