10 Cara Tepat Merawat Rambut bagi Wanita Berhijab

Hello girls! Selamat datang.

Jadi di artikel ini aku akan memberikan tips-tips bagi kalian para wanita berhijab agar tetap bisa mendapatkan rambut yang sehat meski ditutupi. Semoga informasi yang disanpaikan dalam artikel ini dapat membantu kalian para wanita berhijab dalam merawat rambut.

Menggunakan hijab merupakan suatu kewajiban bagi semua umat muslim wanita. Dalam hal ini rambut menjadi salah satu faktor kenyamanan bagi wanita berhijab.

Banyak orang berpendapat bahwa wanita berhijab adalah perlindungan hebat dalam menjaga kesehatan rambut karena tidak pernah tidak akan pernah terkena paparan kondisi luar seperti sinar matahari, angin, udara, polusi hujan dan asap polusi. Namun semua itu salah, justru karena ditutupi masalah rambut yang dialami oleh wanita berhijab bisa juga mendapatkan berbagai masalah rambut.

Sama seperti wanita yang tidak berhijab, memiliki rambut yang berkilau dan indah juga menjadi salah satu impian mereka. Dan untuk mewujudkan impian tersebut, ada beberapa cara yang harus dilakukan oleh wanita berhijab.

Penting untuk diingat bahwa cara merawat rambut bagi wanita berhijab tidak selalu sama dengan perawatan rambut yang dilakukan oleh wanita yang tidak berhijab, salah satunya mereka harus lebih rutin dalam melakukan perawatan rambutnya agar meski tertutupi rambut tetap terlihat sehat dan segar.

Nah, agar rambut wanita berhijab tetap terlihat sehat dan tidak gampang kusut masih ada beberapa cara tepat yang bisa diterapkan. Simak ulasannya berikut!
1. Rutin Menyisir Rambut
Ini adalah langkah utama untuk mencegah rambut menjadi kusut serta mengurangi kerontokan akibat rambut patah.

Gunakan sisir berongga sedang dan rutinlah menyisir rambut minimal 2x sehari. Usahakan juga kalian mengganti arah belahan rambut agar garis tepi rambut tidak menjadi tipis.

2. Jangan Mengikat Rambut Terlalu Kencang
Salah satu hal yang selalu dilakukan oleh para hujabers adalah mengikat rambutnya agar tidak terlihat saat menggunakan hijab. Namun janganlah mengikat rambut terlalu kencang karena dapat merusak rambut dan dapat memperparah kerontokan.

Alternatif lainnya adalah dengan memotong rambut menjadi pendek agar tidak terlihat saat menggunakan hijab.

3. Jangan Menggunakan Hijab saat Rambut Masih Basah
Rambut yang masih setengah kering atau bahkan masih sangat basah rentan sekali akan kerusakan jika diperlakukan dengan tidak benar.

Apalagi jika rambut sudah basah dan kemudian diikat maka menjadi double kesalahannya. Keringkan eambut sampai benar-benar kering sebelum diikat ataupun sebelum mengunakan hijab.

Jangan juga menggunakan pengering rambut, karena akan membuat rambut menjadi kering dan mudah patah. Jika tetap ingin menggunakan pengering rambut, atur suhunya rendah atau sedang untuk meminimalisir kerusakan.

4. Gunakan Shampoo Khusus Berhijab
Saat ini shampoo yang dirancang khusus untuk wanita berhijab sudah banyak dipasarkan. Diantara banyak pilihan, pilihlah shampoo yang sesuai dengan jenis kulit kepala dan rambut kalian karena setiap masalah rambut beda juga kandungan shampoonya.

5. Tidur dengan Bantal Sutera
Bantal Sutra merupakan bantal yang lembut sehingga dapat membantu kamu dalam mengendalikan sebum, meski hasil tidak terlihat langsung namu tetap harus dilakukan secara rutin.

6. Rutin Keramas
Rambut yang tertutupi akan lebih mudah lepek dan berminyak dibandingkan dengan rambut yang terbuka. Oleh karena itu, bagi kamu yang berhijab jangan lupa untuk selalu rutin keramas agar rambut tidak semakin berminyak hingga akhirnya menjadi rusak.

7. Pemilihan Hijab yang Tepat
Hijabers musti tahu hal ini, karena selain kamu nyaman untuk menggunakannya sehari-hari juga rambut tetap terjaga kesehatannya.

Pilihlah hijab berbahan kain katun yang nyaman dan memiliki ronggan sehingga dapat memperlancar asupan udara bagi rambut meski dalam keadaan tertutup.

8. Merawat Rambut dari Dalam
Melakukan perawatan rambut dari dalam seperti makan makanan yang bergizi juga perlu dilakukan untuk memperoleh tampilan rambut yang sehat sesuai dengan harapan.

Makanlah makanan yang mengandung banyak protein, asam amino dan zat besi. Meminum vitamin juga dapat dijadikan alternatif untuk semakin menyehatkan rambut.

9. Keramas dengan Air Hangat
Rambut yang tertutupi biasanya penuh dengan sebum (entah yang dihasilkan dari kelenjar minyak di kulit kepala ataupun sebum yang dihasilkan dari keringat). Oleh karena itu, sebelum keramas basahi rambut dengan menggunakan air hangat untuk membantu meluruhkan sebum, sel kulit mati, kotoran serta ketombe yang menumpuk.

Pori kulit kepala yang terbuka (karena air hangat) juga dapat membantu penyerapan nutrisi shampoo ke akar rambut menjadi lebih maksimal. Sedangkan setelah keramas bilaslah rambut dengan air dingin selain dapat menyegarkan kulit kepala, air dingin juga dapat mencegah rambut rontok, rambut menjadi kering dan melancarkan peredaran darah di kepala.

10. Saat Istirahat di Rumah, Lepas Hijab
Hal ini untuk membantu rambutmu bias bernafas. Rambut yang terus tertutupi pada dasarnya kekurangan udara sehingga setelahnya terlihat kusam. Jangan lupa juga untuk menyemprotkan parfum rambut atau hair mist agar rambut menjadi wangi dna terlihat semakin segar.

Itu dia cara-cara yang dapat kamu lakukan dalam merawat rambut meski selalu tertutupi oleh hijab.
Jangan lupa untuk memberikan kritik dan saran kalian. Silahkan share juga artikel ini ke seluruh social media yang kalian punya agar artikel ini dapat berguna untuk orang lain. Tunggu update artikel selanjutnya!

Keep connect with me!

Instagram : almasmakeup14
Youtube : Alma's Makeup

Belum ada Komentar untuk "10 Cara Tepat Merawat Rambut bagi Wanita Berhijab"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel