Apa Itu Novel Sejarah?





Novel sejarah ialah sebuah novel yang ceritanya diletakkan pada masa lampau dan bertujuan untuk menghidupkan keadaan-keadaan yang wujud pada masa lepas. Banyak novel sejarah memasukkan watak-watak bersejarah sebagai watak utama atau kecil ke dalamnya.
https://ms.wikipedia.org/wiki/Novel_sejarah

Perbedaan yang paling tegas antara sejarah dan novel sejarah terletak pada pertanggungjawabannya. Sejarah bermaksud menceritakan hal atau peristiwa sejarah yang sebenarnya terjadi. Sejarah mengemukakan gambaran tentang hal-hal sebagaimana adanya dan kejadian-kejadian yang sesungguhnya terjadi. Sejarah harus mengikuti prosedur tertentu; harus tertib dalam penempatan ruang dan waktu, harus konsisten dengan unsur-unsur lain sepeti topografi dan kronologi dan harus berdasarkan bukti-bukti.

Novel merupakan cerita re- kaan yang kebenarannya tidak bisa diper- tangungjawabkan. Kebenaran dari novel adalah kebenaran yang diciptakan oleh si pengarang. Meskipun begitu, kita juga tidak bisa memungkiri bahwa dalam dunia sastra, khusunya mengenai novel terdapat bentuk- bentuk karya sastra yang berdasar pada fakta. 

Novel sejarah adalah sebuah cerita yang berlatar tokoh dan keadaan sejarah yang benar-benar ada. Karena ini merupakan novel, biasanya penulis menginterpretasikan tokoh di dalam novel menurut sudut pandangnya sendiri.


Dalam sebuah novel sejarah, ada fakta sejarah dan imajinasi penulis. Riset tetap perlu dilakukan agar tidak ada kesalahan penulisan kejadian sejarah, tahun, atau tempat terjadinya suatu kejadian.

Dalam novel sejarah juga biasanya penulis memiliki interpretasi tersendiri terhadap sosok atau tokoh sejarah yang disertakan dalam novel sejarah tersebut. Namun, tetap melalui hasil riset.

Berikut beberapa contoh novel sejarah yang dapat kamu kunjungi Klik Me 


Referensi

http://herlinapoetriluqman.blogspot.com 
http://m.metrotvnews.com

For Your Questions? Comment
Penulis : Bagus Lindu Pamungkas
Tugas   : SMAN 1 Karanggede


#Novel sejarah 
 #Penjelasan Novel Sejarah Lengkap 
 #Rangkuman Novel Sejarah 
 #Tugas Novel Sejarah 
 #Belajar Novel Sejarah 
 #Pengertian Novel Sejarah 
 #Contoh Novel Sejarah 
 #Novel Sejarah 
 #Tugas Novel 
 #Novel-Sejarah-Rangkuman

Belum ada Komentar untuk "Apa Itu Novel Sejarah?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel