Strategi Mengajar Bil Qolam

a. Strategi Pengajaran Secara Umum:
  1. Pengenalan Bunyi Huruf Yang Berharakat.
  2. Pengenalan Nama Huruf Yang Berharakat.
  3. Lagu: Tahqiq, (Tartil Lagu 4 PIQ).
  4. Qiroah Wal Kitabah Dengan Cara Taqrir ( Pengulangan) Wat Ta’wid (dan menjadi biasa)

b. Strategi Pengajaran Secara Khusus:
  1. Untuk huruf yang di atas garis
  • Guru mengenalkan bunyi huruf/bacaan huruf dengan benar secara urut sesuai kitab.
  • Guru menuntun bunyi huruf secara berulang minimal 3x kemudian ditirukan oleh semua murid 3x.
  • Jika masih ditemukan murid mengucapkan bunyi huruf kurang tepat, seperti kepan-jangan atau kurang maka guru hurus mengulanginya lagi sampai murid tersebut mengucapkan bunyi huruf dengan tepat dan benar.
2. Untuk yang dua huruf:
  • Guru menuntun bacaan huruf dengan tahqiq dan mengulanginya 3x
  • Murid menirukan bacaan guru 3x
3. Untuk yang tiga huruf:
  1. Guru menuntun bacaan per-tiga hurufnya dengan tahqiq dan mengulanginya 3x kemudian ditirukan oleh semua murid 3x.
  2. Guru menuntun bacaan per-tiga hurufnya dengan tartil pakai lagu 4 dan mengulanginya 3x kemudian ditirukan oleh semua murid 3x.
  3. Guru menuntun bacaan huruf perbaris dengan tartil pakai lagu 4 dan mengulanginya kemudian ditirukan oleh semua murid.

4. Untuk huruf yang di bawah garis
  • Guru mengenalkan nama huruf dengan benar
  • Guru menuntun pengucapan nama huruf secara berulang minimal 3x kemudian ditirukan oleh semua murid 3x.18

Belum ada Komentar untuk "Strategi Mengajar Bil Qolam"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel