Langkah-Langkah Menilai Prestasi Belajar

Jejak Pendidkan- Siswa dapat memperoleh hasil belajar berupa prestasi belajar yang sesuai dengan usaha dan kemampuannya, guru perlu menyusun langkah-langkah penilaian prestasi belajar yang tepat. Sardiman A.M (2012: 174-175) mengungkapkan langkah-langkah menilai prestasi belajar, yaitu:
a. Mengumpulkan data prestasi belajar siswa yang diperoleh saat:

  • Setiap kali ada usaha mengevaluasi selama pelajaran berlangsung.
  • Pada akhir pelajaran.


b. Menganalisis data prestasi belajar siswa, dengan langkah ini guru akan
mengetahui:

  • Siswa yang menemukan pola-pola belajar yang lain.
  • Keberhasilan atau tidaknya siswa dalam belajar.


c. Menggunakan data prestasi belajar siswa, dalam hal ini menyangkut:

  • Lahirnya feed back untuk masing-masing siswa dan ini perlu diketahui oleh guru.
  • Adanya feed back itu maka guru akan menganalisis dengan tepat follow up atau kegiatan-kegiatan berikutnya.


Berdasarkan penjelasan di atas dapat dianalisa bahwa ada 3 langkah yang harus dilakukan guru untuk menilai prestasi belajar siswa di kelas. Ketiga langkah tersebut dilakukan dengan berkesinambungan satu sama lain, sehingga guru bisa menilai prestasi belajar siswa secara obyektif dan dapat dimanfaatkan untuk kemajuan belajar siswa.

Belum ada Komentar untuk "Langkah-Langkah Menilai Prestasi Belajar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel